TUGAS 3
RENCANA PEMBELAJARAN PER SEMESTER (RPS)
PEMBELAJARAN ORANG DEWASA
Mata Kuliah :
Metode
Pembelajaran
Materi
pokok : Model Strategi dan Metode pembelajaran
Semester : VI
Kode : BD
SKS : 2
Jurusan : DIV Kebidanan
Dosen : Arindiah Puspo W.
S.ST, Keb
KOMPETENSI UMUM :
Mahasiswa DIII Kebidanan memahami materi pembelajaran dengan baik
dan benar.
KOMPETENSI KHUSUS :
Mahasiswa DIII Kebidanan setelah
memperhatikan penjelasan yang diberikan, diharapkan dapat memahami
pelajaran metode pembelajaran
MINGGU
KE
|
KEMAMPUAN
AKHIR YANG DIHARAPKAN
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
BENTUK
PEMBELAJARAN
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
BOBOT
NILAI
|
|||
1
|
Mengetahui pengertian, kedudukan, fungsi metode pembelajaran
|
Metode pembelajaran memiliki kedudukan yang amat strategis
dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Itulah sebabnya, para ahli
pendidikan sepakat bahwa seorang pendidik yang ditugaskan mengajar di sekolah
haruslah pendidik yang mempunyai kompetensi profesional.
|
a.
Mahasiswa mencari sendiri materi metode pembelajaran
b.
Ceramah
|
a. Presensi
kehadiran(Afeksi)
b. Keaktivan
dalam kelas(Kognitif)
c. Penerapan
dan keterampilan
|
a.
10%
b.
5%
c.
5%
d.Tugas (40%),
terdiri :
-Tugas harian sesuai materi individu
(10%)(Kognitif)
-Tugas harian kelompok (10%)(Afeksi)
- Tugas akhir
penyususnan proposal pnlt kuant (20%)(Psikomotor)
e.
Evaluasi tengah semester 20%(Kognitif)
f.
Evaluasi
akhir20%(Kognitif)
|
|||
2
|
Mengetahui tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran
|
Jabatan guru adalah jabatan profesi, membutuhkan pengalaman
yang panjang sehingga kelak menjadi profesional, akan
tetapi professional
guru belum terakui seperti profesional lainnya
terutama dalam upah (payment), pengakuan (recognize).
|
a.
Mahasiswa mencari sendiri materi peran guru
dalam metode pembelajaran
b.
Ceramah
|
a. Presensi kehadiran(Afeksi)
b. Penerapan dan keterampilan
c.
Isi atau kedalaman materi yang disampaikan
d.Tugas , terdiri :
-Tugas
harian sesuai materi individu (10%)
-Tugas harian kelompok (10%)
|
||||
3
|
Mengetahui pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan
metodenya dalam pembelajaran
|
siswa adalah seseorang atau sekelompok orang yang bertindak sebagai pelaku pencari, penerima dan penyimpan isi pelajaran yang dibutuhkannya untuk mencapai tujuan
|
a. Mahasiswa
mencari sendiri materi tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam belajar
b. tanya
jawab
|
a.
Presensi kehadiran(Afeksi)
b.
Penerapan dan keterampilan
c.
Keaktivan dalam kelas(Kognisi+Afeksi)
d.
Isi atau kedalaman materi yang
disampaikan
d.
Penerapan dan keterampilan
e..Tugas
-Tugas harian sesuai materi individu (10%)
-Tugas harian kelompok (10%)
|
||||
MINGGU
KE
|
KEMAMPUAN
AKHIR YANG DIHARAPKAN
|
MATERI
PEMBELAJARAN
|
BENTUK
PEMBELAJARAN
|
KRITERIA
PENILAIAN
|
||||
4
|
Mengetahui ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran
|
definisi sebagai aktifitas yang
dilakukan individu secara sadar untuk mendapatkan sejumlah kesan dari apa
yang telah dipelajari dan sebagai hasil dari interaksinya dengan
lingkungan sekitarnya.
|
a.
Mahasiswa
dapatmengetahui definisi ilmu jiwa belajar.
b.
Ceramah
|
a. Presensi kehadiran (Afeksi)
b. Keaktivan dalam kelas(Afeksi
c.
Isi atau kedalaman materi yang disampaikan
d.
Penerapan dan keterampilan
e.Tugas
-Tugas harian sesuai materi individu (10%)
-Tugas harian kelompok (10%)
|
||||
5
|
Memahami desain metode ceramah dalam pembelajaran
|
Desain metode ceramah dalam
pembelajaran
|
a.
Mahasiswa dapat
mengetahui pengertian metode ceramah.
b.
Mahasiswa dapat
membuat desain metode ceramah dalam pembelajaran.
c.
Ceramah
d.
Tanya jawab
|
a. Presensi kehadiran
b. Keaktivan dalam kelas
c.
Isi atau kedalaman materi yang disampaikan
d.
Penerapan dan keterampilan
e.Tugas
-Tugas harian sesuai materi individu (10%)
-Tugas harian kelompok (10%)
|
||||
6
|
Mahasiswa mempraktekkan penerapan metode ceramah dalam
pembelajaran
|
adalah penyajian informasi secara lisan baik formal maupun
informal.
|
a. Mahasiswa
mempraktekkan metode ceramah dalam pembelajaran
b.
demonstrasi
|
a. Presensi kehadiran
b. Keaktivan dalam kelas
c.
Isi atau kedalaman materi yang disampaikan
d.
Penerapan dan keterampilan
e.Tugas
-Tugas harian sesuai materi individu (10%)
-Tugas harian kelompok (10%)
|
||||
e&f. EVALUASI TENGAH SEMESTER& PRESENTASI
|
||||||||
7
|
Mahasiswa mempraktekkan penerapan matode tanya jawab dalam
pembelajaran
|
Etode
Tanya jawab adalah cara penyajian pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab,
terutama dari guru kepada siswa, tetapi dapat pula dari siswa kepada
guru.
|
a.
Mahasiswa
mempraktekkan metode ceramah dalam pembelajaran
b.
Demonstrasi
|
a. Presensi kehadiran
b. Keaktivan dalam kelas
c.
Isi atau kedalaman materi yang disampaikan
d.
Penerapan dan keterampilan
e.Tugas
-Tugas harian sesuai materi individu (10%)
-Tugas harian kelompok (10%)
|
|
|||
8.
|
Evaluasi
Mata Kuliah Metode Pembelajaran
|
Evaluasi Mata Kuliah Metode Pembelajaran
|
a.
Evaluasi Mata Kuliah
Metode Pembelajaran
b.
Tes
|
a. Presensi kehadiran
b. Keaktivan dalam kelas
c.
Isi atau kedalaman materi yang disampaikan
d.
Penerapan dan keterampilan
e.Tugas
-Tugas harian sesuai materi individu (10%)
-Tugas harian kelompok (10%)
|
|
|||
c. EVALUASI AKHIR SEMESTER+ evaluasi
tugas akhir semester
|
||||||||
Estimasi
waktu belajar mengajar : 16 x tatap muka x 60 menit x 3 sks = 28880 menit
0 komentar:
Posting Komentar