TUGAS 2
Rancangan mengenai cara dan pendekatan menggunakan teori balajar
RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama : Arindiah P.W
A.
Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah :
Askeb KB
Kode Mata Kuliah :
Bd.
Program study :
DIII Kebidanan
Semester :
IV
Beban Study :
3 SKS (T : 2, P : 1)
Pokok Bahasan :
KB
Sub Pokok Bahasan : pemakaian
KB
Waktu :
15 menit
Pertemuan :
1 (Satu)
Hari/Tanggal :
Kamis, 7 April 2015
A. STANDART KOMPETENSI
Mata kuliah ini memberikan kemampuan dan
keterampilan kepada mahasiswa agar mampu memberikan pendidikan
kesehatan tentang pemakaian KB dengan baik dan benar.
B.
KOMPETENSI DASAR
Setelah menyelesaikan pokok bahasan ini mahasiswa
diharapkan mampu melakukan cara pemakaian KB dengan baik dan benar.
T :
dilakukan dikelas dengan menggunakan ceramah dan diskusi.
P :
dilaksanakan dikelas atau laboraturium (stimulasi, rollplay)
Dengan demikian setiap mahasiswa untuk ikut berperan serta
aktif dalam menyampaikan gagasan dalam pembahasan dan memberikan masukan dari
hasil pengalaman praktik serta refrensi lain.
C.
MATERI
a. Menjelaskan
pengertian KB
b.
Menjelaskan efek samping KB
c.
Menjelaskan macam – macam KB
d. Menjelaskan
cara penggunaan KB
D. KRITERIA
PENILAIAN
Terkait dengan
standart Penilaian digunakan Sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil
evaluasi dikategorikan sebagai :
NILAI ANGKA
|
NILAI MUTU
|
NILAI LAMBANG
|
80-100
|
4
|
A
|
64-79
|
3
|
B
|
56-63
|
2
|
C
|
41-55
|
1
|
D
|
00-40
|
0
|
E
|
Penilaian dilakukan berdasarkan ujian tertulis, lisan,
penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran (pre dan post test, quis),
penugasan. Adapun komponen-komponennya adalah sebagai berikut :
1. praktek :
25%
2. Keaktifan : 10%
3. Ujian
Tengah Semester : 30%
4. Ujian
Akhir Semester : 30%
5. Kehadiran : 5%
E. RINCIAN KEGIATAN
No
|
Kegiatan
belajar
– mengajar
|
Kegiatan
dosen
|
Kegiatan
mahasiswa
|
Metode
pembelajaran
|
Teori
belajar yang diaplikasikan
|
1
|
Pembukaan
|
1. Mengucap
salam
2. Menginformasikan
pokok materi yang akan di sampaikan
3. Melakukan
apersepsi mengenai pendidikan kesehatan tentang teknik cara pemakaian KB
|
1.Menjawab
salam
2.Mahasiswa
memahami pokok materi yang akan disampaikan
3.Mahasiswa
mengungkapkan hal – hal yang diketahui tentang pendidikan kesehatan tentang
tehnik cara pemakaian KB
|
Ceramah
Diskusi
|
1. Teori
belajar behaviorisme
2. Teori
belajar kognitivisme
3. Teori
belajar kognitivisme
|
2
|
Penyajian
|
1. Dosen
mengamati mahasiswa
|
1.Mahasiswa
dapat mempresentasikan mengenai pendidikan kesehatan tentang manfaat KB
2.Mahasiswa
dapat memberikan argumen mengenai pendidikan kesehatan tentang efek samping
KB
3.Mahasiswa
dapat melaksanakan mengenai pendidikan kesehatan tentang tehnik pemakaian KB
yang benar
|
Diskusi
Diskusi
Demonstrasi
|
1.Teori
belajar kognitif
2.Teori
belajar sibernetik
3.Teori
belajar kognitif
|
3
|
Penutup
|
1. Menambahkan
kesimpulan mengenai pendidikan kesehatan tentang tehnik pemakaian KB
2. Menutup
pertemuan dengan mengucap salam
|
1. Mahasiswa
menyimpulkan mengenai pendidikan kesehatan tentang tehnik pemakaian KB
2. Menjawab
salam penutip
|
Ceramah
Ceramah
|
1. Teori
belajar kognitif
2. Teori
belajar behaviorisme
|
F. EVALUASI
Prosedur : Pre Dan Post Conference, Bedside Teaching
Jenis
test : Skill (Praktik) Dan Kognitif
(Pengetahuan)
Alat
test : Buatan Dosen Sendiri
0 komentar:
Posting Komentar