Senin, 28 September 2015

TUGAS 2

Rancangan mengenai cara dan pendekatan menggunakan teori balajar 

RENCANA KEGIATAN PEMBELAJARAN

Nama : Arindiah P.W

A.       Identitas Mata Kuliah
Mata Kuliah                      : Askeb KB
Kode Mata Kuliah                        : Bd.
Program study                   : DIII Kebidanan
Semester                           : IV
Beban Study                     : 3 SKS (T : 2, P : 1)
Pokok Bahasan                 : KB
Sub Pokok Bahasan          : pemakaian KB
Waktu                               : 15 menit
Pertemuan                         : 1 (Satu)
Hari/Tanggal                     : Kamis, 7 April 2015

A.     STANDART KOMPETENSI
Mata kuliah ini memberikan kemampuan dan keterampilan kepada mahasiswa agar mampu memberikan pendidikan kesehatan tentang pemakaian KB dengan baik dan benar.
B.     KOMPETENSI DASAR
Setelah menyelesaikan pokok bahasan ini mahasiswa diharapkan mampu melakukan cara pemakaian KB dengan baik dan benar.
T : dilakukan dikelas dengan menggunakan ceramah dan diskusi.
P : dilaksanakan dikelas atau laboraturium (stimulasi, rollplay)
Dengan demikian setiap mahasiswa untuk ikut berperan serta aktif dalam menyampaikan gagasan dalam pembahasan dan memberikan masukan dari hasil pengalaman praktik serta refrensi lain.
C.     MATERI
a.       Menjelaskan pengertian KB
b.      Menjelaskan efek samping KB
c.       Menjelaskan macam – macam KB
d.      Menjelaskan cara penggunaan KB
D.    KRITERIA PENILAIAN
Terkait dengan standart Penilaian digunakan Sistem Penilaian Acuan Patokan (PAP). Hasil evaluasi dikategorikan sebagai :
NILAI ANGKA
NILAI MUTU
NILAI LAMBANG
80-100
4
A
64-79
3
B
56-63
2
C
41-55
1
D
00-40
0
E


Penilaian dilakukan berdasarkan ujian tertulis, lisan, penilaian/evaluasi terhadap proses pembelajaran (pre dan post test, quis), penugasan. Adapun komponen-komponennya adalah sebagai berikut :
1.      praktek                                             : 25%
2.      Keaktifan                                         : 10%
3.      Ujian Tengah Semester                    : 30%
4.      Ujian Akhir Semester                       : 30%
5.      Kehadiran                                        : 5%
E.     RINCIAN KEGIATAN
No
Kegiatan
belajar – mengajar
Kegiatan dosen
Kegiatan mahasiswa
Metode pembelajaran
Teori belajar yang diaplikasikan
1
Pembukaan
1.   Mengucap salam
2.   Menginformasikan pokok materi yang akan di sampaikan
3.   Melakukan apersepsi mengenai pendidikan kesehatan tentang teknik  cara pemakaian KB
1.Menjawab salam
2.Mahasiswa memahami pokok materi yang akan disampaikan
3.Mahasiswa mengungkapkan hal – hal yang diketahui tentang pendidikan kesehatan tentang tehnik cara pemakaian KB


Ceramah

Diskusi



1.   Teori belajar behaviorisme
2.   Teori belajar kognitivisme
3.   Teori belajar kognitivisme
2
Penyajian
1.      Dosen mengamati mahasiswa
1.Mahasiswa dapat mempresentasikan mengenai pendidikan kesehatan tentang manfaat KB
2.Mahasiswa dapat memberikan argumen mengenai pendidikan kesehatan tentang efek samping KB
3.Mahasiswa dapat melaksanakan mengenai pendidikan kesehatan tentang tehnik pemakaian KB yang benar
Diskusi





Diskusi





Demonstrasi
1.Teori belajar kognitif
2.Teori belajar  sibernetik
3.Teori belajar kognitif

3
Penutup
1.   Menambahkan kesimpulan mengenai pendidikan kesehatan tentang tehnik pemakaian KB
2.   Menutup pertemuan dengan mengucap salam

1.   Mahasiswa menyimpulkan mengenai pendidikan kesehatan tentang tehnik pemakaian KB
2.   Menjawab salam penutip
Ceramah




Ceramah
1.   Teori belajar kognitif
2.   Teori belajar behaviorisme

F.      EVALUASI
Prosedur    : Pre Dan Post Conference, Bedside Teaching
Jenis test    : Skill (Praktik) Dan Kognitif (Pengetahuan)
Alat test     : Buatan Dosen Sendiri



0 komentar:

Cari Blog Ini

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Popular Posts