Senin, 28 September 2015

Tugas 3


METODE PEMBELAJARAN  INSTRUKSIONAL
 MATA KULIAH ASKEB III NIFAS

1.      Nama Mata Kuliah                    : Metode Pembelajaran
2.      Kode / SKS                                 : Bd.
3.       Semester                                     : Genap
4.      Dosen Pengampu                       : Arindiah Puspo W, S.ST. Keb
5.      Deskripsi Mata Kuliah              :
Mata kuliah ini membahas tentang metode pembelajaran
6.      Outcome Mata Kuliah   :
        Di akhir semester mahasiswa mampu menjelaskan  materi metode pembelajaran
7.      Unsur Teknologi dalam Pembelajaran
E-learning (Browsing) materi tentang metode pembelajaran

8.      Rencana Kegiatan Pembelajaran
Modul Kemampuan: (a) Mahasiswa Mampu menjelaskan pengertian kedudukan, fungsi metode pembelajaran , (b) Mahasiswa Mampu menjelaskan tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran. (c) Mahasiswa Mampu menjelaskan pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran , (d) Mahasiswa  Mampu menjelasakan ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran,
Minggu 1  (1  x 100 Menit Tatap Muka)
No
Aspek Pembelajaran
Penjelasan

1
Kemampuan akhir yang diharapkan
Hard skills:
mampu memahami tentang pengertian kedudukan, fungsi metode pembelajaran 
Soft skills:
Motivation
Skill

2
Materi Pembelajaran
pengertian kedudukan, fungsi metode pembelajaran 
A.    tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.
B.     tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.
C.     pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran 
D.    menjelasakan ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran



3
Bentuk/Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi



Motivasi belajar:

Mahasiswa distimulasi untuk aktif  berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran



4.
Proses Pembelajaran tatap muka 1
Pembukaan

Salam Pembuka , Apersepsi, penyampaian cakupan dan tujuan pembelajaran

5 menit
Inti

1.   Penjelasan proses pembelajaran KBK
2.   Penjelasan penilaian.
3.   Penyampaian kontrak perkuliahan/ aturan main proses pembelajaran
4.    Penjelasan isi materi metode pembelajaran
90 menit
Penutup

1. Review
2. Tindak lanjut: memberi tugas mencari referensi yang dipakai untuk materi pembelajaran
5 menit
Proses Pembelajaran tatap muka 2
Pembukaan

Salam pembuka , Apersepsi, penyampaian cakupan dan tujuan pembelajaran, brainstorming
3 menit
Inti

Penyajian tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran
10     enit
Penjelasan tentang tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.

25     menit
Mahasiswa menjelaskan pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran 

Mahasiswa menjelasakan ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran

45 menit

Penutup

Review
Cek pemahaman mahasiswa
Tindak lanjut: informasi materi untuk pertemuan berikutnya
7 menit
4.
Referensi
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik (Jakarta: Rajagrafindo, 2011),
Abuddin Nata, Perspektif Islam,
Ali Syari’ati, Sosiologi Islam (Bandung: Mizan, 1988)

5
Kriteria penilain
Mampu memahami metode pembelajaran
Ketepatan mengidentifikasi

Mampu menjelaskan tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran
Ketepatan menjelasan tentang tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.


Cooperation
Keaktifan berpartisipasii

Motivation
Keaktifan mahasiswa di kelas

6
Remedy
Khusus bagi mahasiswa yang belum kompeten akan diberikan remedy



















































0 komentar:

Cari Blog Ini

Popular Posts

Blogger templates

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogroll

Popular Posts