Tugas 3
METODE PEMBELAJARAN INSTRUKSIONAL
MATA KULIAH ASKEB III NIFAS
1. Nama Mata Kuliah : Metode Pembelajaran
2. Kode / SKS : Bd.
3. Semester : Genap
4. Dosen Pengampu : Arindiah Puspo W, S.ST. Keb
5. Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas tentang metode pembelajaran
6. Outcome Mata Kuliah :
Di akhir semester mahasiswa mampu menjelaskan materi metode pembelajaran
7. Unsur Teknologi dalam Pembelajaran
E-learning (Browsing) materi tentang metode pembelajaran
8. Rencana Kegiatan Pembelajaran
Modul Kemampuan: (a) Mahasiswa Mampu menjelaskan pengertian kedudukan, fungsi metode pembelajaran , (b) Mahasiswa Mampu menjelaskan tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran. (c) Mahasiswa Mampu menjelaskan pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran , (d) Mahasiswa Mampu menjelasakan ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran,
Minggu 1 (1 x 100 Menit Tatap Muka)
No
|
Aspek Pembelajaran
|
Penjelasan
| ||||
1
|
Kemampuan akhir yang diharapkan
|
Hard skills:
mampu memahami tentang pengertian kedudukan, fungsi metode pembelajaran
Soft skills:
Motivation
Skill
| ||||
2
|
Materi Pembelajaran
|
pengertian kedudukan, fungsi metode pembelajaran
A. tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.
B. tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.
C. pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran
D. menjelasakan ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran
| ||||
3
|
Bentuk/Metode Pembelajaran
|
Ceramah, tanya jawab, diskusi
| ||||
Motivasi belajar:
|
Mahasiswa distimulasi untuk aktif berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran
| |||||
4.
|
Proses Pembelajaran tatap muka 1
|
Pembukaan
| ||||
Salam Pembuka , Apersepsi, penyampaian cakupan dan tujuan pembelajaran
|
5 menit
| |||||
Inti
| ||||||
1. Penjelasan proses pembelajaran KBK
2. Penjelasan penilaian.
3. Penyampaian kontrak perkuliahan/ aturan main proses pembelajaran
4. Penjelasan isi materi metode pembelajaran
|
90 menit
| |||||
Penutup
| ||||||
1. Review
2. Tindak lanjut: memberi tugas mencari referensi yang dipakai untuk materi pembelajaran
|
5 menit
| |||||
Proses Pembelajaran tatap muka 2
|
Pembukaan
| |||||
Salam pembuka , Apersepsi, penyampaian cakupan dan tujuan pembelajaran, brainstorming
|
3 menit
| |||||
Inti
| ||||||
Penyajian tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran
|
10 enit
| |||||
Penjelasan tentang tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.
|
25 menit
| |||||
Mahasiswa menjelaskan pengertian siswa, tipologi belajar siswa dan penerapan metodenya dalam pembelajaran
Mahasiswa menjelasakan ilmu jiwa belajar dalam metode pembelajaran
|
45 menit
| |||||
Penutup
| ||||||
Review
Cek pemahaman mahasiswa
Tindak lanjut: informasi materi untuk pertemuan berikutnya
|
7 menit
| |||||
4.
|
Referensi
|
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Pendidik (Jakarta: Rajagrafindo, 2011),
Abuddin Nata, Perspektif Islam,
Ali Syari’ati, Sosiologi Islam (Bandung: Mizan, 1988)
| ||||
5
|
Kriteria penilain
|
Mampu memahami metode pembelajaran
|
Ketepatan mengidentifikasi
| |||
Mampu menjelaskan tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran
|
Ketepatan menjelasan tentang tujuan dan peran guru dalam metode pembelajaran.
| |||||
Cooperation
|
Keaktifan berpartisipasii
| |||||
Motivation
|
Keaktifan mahasiswa di kelas
| |||||
6
|
Remedy
|
Khusus bagi mahasiswa yang belum kompeten akan diberikan remedy
| ||||
0 komentar:
Posting Komentar